3 Mei 2011

Kemampuan Mengkoordinasi, Salah Satu Faktor Penting Dalam Kepemimpinan


Oleh : Fanya Jodie

Di dalam kepemimpinan, ada hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu kemampuan dalam mengkoordinasi. Di dalam jurnal Harvard Business School yang berjudul Why do strategies fail? Yang ditulis oleh Jan W.Rivkin, dikatakan bahwa “the most inspired response in the world is not valuable if the management team cannot get the organization to implement the response in a coordination manner.”
Jadi di dalam hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa koordinasi merupakan hal yang sangat penting, karena respons yang paling menginspirasi sekalipun tidak akan berharga apabila tim manajemen tidak bisa mengarahkan organisasi untuk mengimplementasikan respons dalam budaya koordinasi yang baik. Mungkin Anda berpikir, seberapa pentingnya koordinasi dalam kepemimpinan dan seberapa besarkah pengaruhnya?
Mungkin Anda berpikir, seorang pemimpin yang hebat adalah seorang yang mampu mengatur segala sesuatunya dengan sendiri saja, tanpa bantuan orang lain dalam organisasi, dan juga bahkan sampai kecil-kecilnya dia urusin sendiri. Sebenarnya pendapat itu salah besar. Seorang pemimpin yang baik, sebenarnya adalah seseorang yang mampu untuk mengkoordinasikan orang-orang di dalam organisasinya untuk bekerja bersama-sama dalam menjalankan tujuan perusahaan.
Seorang pemimpin sanggup untuk mengarahkan dan mengkoordinasi orang-orang dalam perusahaannya yang memiliki posisi penting untuk bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan. Misalnya, ia sanggup untuk mengkoordinasi divisi keuangan, marketing, IT, HRD, dan divisi lainnya untuk bekerjasama dan menjalankan fungsinya masing-masing sampai semuanya mencapai satu kesatuan yang utuh dan bersama-sama menjalankan pekerjaan sampai tujuan perusahaan tercapai.
Beberapa hal penting yang harus diperhatikan seorang pemimpin dalam mengkoordinasi karyawan dalam organisasi :
Seorang pemimpin harus mampu menjelaskan tujuan perusahaan kepada karyawan dalam organisasi
Dalam mengkoordinasi karyawan dalam perusahaan untuk menjalankan fungsinya masing-masing, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk menjelaskan secara detil tujuan perusahaan kepada seluruh karyawannya, terutama kepada karyawan yang memegang posisi penting dalam perusahaan. Seorang pemimpin juga harus mampu untuk membagi tugas secara terperinci serta berkesinambungan kepada semua karyawannya sehingga mereka bisa menjalankan fungsinya masing-masing dalam mencapai tujuan perusahaan.
Seorang pemimpin harus mampu untuk memotivasi karyawannya
Dalam melakukan koordinasi, seorang pemimpin yang baik harus bisa memotivasi dan memberi semangat kepada karyawannya dan juga tentunya harus tahu bagaimana menempatkan karyawannya di bagian yang tepat. Seorang pemimpin harus tetap bisa mengkoordinasi semua pekerjaan karyawan dan melihat segala sesuatunya dengan “helicopter view”, sehingga semua pekerjaan yang ada dalam organisasi bisa terselesaikan dengan rapi dan mencapai tujuan perusahaan.
Seorang pemimpin harus memiliki ketegasan dalam mengkoordinasi dan menegaskan fungsi dari karyawannya
Dalam mengkoordinasi, seorang pemimpin harus memiliki ketegasan, sehingga kalau ada karyawan yang bersikap melenceng, dia tahu untuk mengarahkannya kembali ke tempat yang benar. Ia juga harus tahu menegaskan fungsi karyawannya dalam pekerjaan, sehingga semua pekerjaan yang ada dapat terkoordinasi dengan baik dan pada akhirnya, semuanya akan mencapai tujuan perusahaan dan juga mendatangkan profit bagi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar