26 Apr 2011

10 Marketing Tips Terbaik di Sepanjang Masa


Oleh:  Michael Fleischner
 
Lebih dari satu dekade dalam marketing, rangking dari pay-per-click dibandingkan dengan email langsung, maka ada banyak kegagalan dan keberhasilan secara marketing.

Saat ini seni marketing jauh lebih kompleks dari yang pernah ada sebelumnya. Bagaimanapun juga banyak prinsip dasar yang sama yang masih bisa digunakan. Terlalu sering para marketer profesional dan pemilik bisnis kecil mengabaikan tehnik-tehnik dasar yang memisahkan kampanye sukses dari mereka yang tidak pernah mencapai titik balik.

Berikut adalah daftar tips marketing efektif. Semoga berguna.

Kenali audiens Anda. Kampanye-kampanye sukses banyak disebabkan karena para marketer mengenali audiens mereka. Mereka sepenuhnya memahami kebutuhan audiens, bagaimana menolong mereka saat ada dalam keperluan dan bagaimana menciptakan permintaan. Mengetahui dan memahami audiens Anda melalui segmentasi pasar yang tepat juga berarti kampanye dengan target tepat yang akan menghasilkan keuntungan kembali.

Fokus kepada apa yang Anda tawarkan. Sebuah penawaran marketing adalah suatu kekuatan yang mendorong promosi marketing untuk meraih hasil. Pada kenyataannya, testing market telah membuktikan bahwa suatu penawaran adalah kriteria paling signifikan untuk konversinya. Fokuskan pada penawaran Anda jika Anda ingin sukses.

Split test. Jangan pernah lakukan kampanye tanpa melakukan testing pada suatu hal. Salah satu yang paling biasa adalah melakukan split test yang mengijinkan Anda secara simultan melakukan pengujian secara dua versi pada suatu hal. Hal ini bisa berupa website, postcard, atau email. Split testing adalah sangat esensial untuk meningkatkan performa.

Jangan pernah bekerja sendirian. Ide paling kreatif datang saat Anda bekerja dengan mereka yang kreatif lainnya. Jangan merasa seakan Anda perlu untuk harus memiliki semua jawaban ataupun ide-ide yang hebat. Anda bisa mulai dengan sebuah ide, tetapi buatlah dialog terbuka dengan individu-individu kreatif lainnya untuk menjadikannya lebih baik.

Jangan menjual pada harganya. Ada begitu banyak marketer yang gagal karena mereka menjual sendiri Hal ini mengarah kepada perang diskon, keuntungan rendah, dan banyak kali kebangkrutan. Lebh baik fokuskan pada menciptkan lebih banyak nilai sehingga persepsi harga menjadi signifikan.

Konsisten membuat pesan. Pikirkanlah seluruh pengalaman pengguna sebelum Anda merilis sebuah kampanye. Dari email hingga website penawaran, apakah prospek memilki pengalaman pengguna yang konsisten? Jika iya, maka kampanye Anda berada di atas 98% dari lainnya.

Buatlah nilai sesudah penjualan. Sebagai marketer, adalah tugas Anda untuk memahami segmentasi pasar dan membangun hubungan, tidak membuang orang di depan pintu toko Anda dan pergi meninggalkan mereka. Fokus sebanyak mungkin pada energy Anda atas membangun hubungan dengan konsumen yang Anda prospek.

Test. Test. Test. Tidak hanya melakukan split testing, Anda perlu memikirkan berbagai bentuk testing di tiap disiplin marketing. Untuk direct mail, ujilah headlines, penawaran, copy, waktu mengirimkan direct email time, dll. Pikirkanlah testing sebagai misi seumur hidup.

Pekerjaan marketing terintegrasi adalah yang terbaik. Anda tidak dapat bergantung kepada satu bentuk marketing untuk meraih keberhasilan. Gunakan berbagai sumber media untuk mencapai tujuan-tujuan Anda.

Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman. Anda bisa kehabisan dan menyewa semua konsultan terbaik di dunia, tetapi Anda tetap harus bekerja. Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman actual. Hal ini mampu menjadikan Anda marketer yang lebih kuat dan lebih sukses dalam waktu yang lama.

Aplikasikan tips marketing ini jikalau Anda ingin benar-benar berhasil. Tehnik-tehnik dan tips ini diaplikasikan para marketer sukses sehari-hari. Hasilnya adalah keberhasilan yang terus bertumbuh dalam marketing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar